Pengenalan HTML 5


 Mungkin bagi anda yang sudah mengenal HTML bertanya-tanya, HTML5? Dan apa bedanya dengan HTML,  apa keistimewaan HTML5 dibanding dengan HTML?

Baiklah, sebelum kita mulai tutorial belajar HTML5 kita, ada baiknya kita lihat dulu apa keistimiewaan dan perbedaan HTML dibanding HTML5.

HTML5 ini merupakan standar baru dari HTML, yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan Web Hypertext Aplikasi Teknologi Working Group (WHATWG). bagaimana pendahulu sebelumnya yaitu: HTML 4.01 dan XTHML 1.1, HTML5 adalah sebuah standar untuk menstrukturkan dan menampilkan isi pada World Wide Web. Standar ini memperkenalkan fitur baru seperti memutar video serta drag and drop, Sebelumnya fitur ini bergantung pada plugins pihak ketiga di penjelajah web seperti Adobe Flash dan Microsoft Silverlight. HTML5 sangat powerful, sampai-sampai almarhum Steve Jobs pernah mengatakan HTML5 sebagai pengganti Flash, perkataan Steve Jobs tersebut sedikit banyak mempengaruhi para programmer yang ingin mengembangkan flash. Tentunya membuat sebagian dari mereka berpindah ke HTML5.  Steve Jobs juga mengatakan kalau Flash itu berat dan boros baterai. Dan Apple tidak akan mensupport Flash lagi.
beberapa aturan yang harus kamu pelajari saat belajar HTML5, yaitu :
  • Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
  • Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal (seperti Flash)
  • Lebih baik penanganan kesalahan
  • Lebih banyak penggunaakn markup untuk mengganti scripting.
  • HTML5 harus independen
  • Proses development-nya harus terlihat untuk umum (visible)
Dengan belajar HTML5 sebenarnya kamu akan mendapat banyak manfaat. Misalnya kita akan mempelajari bahwa HTML 5 menyederhanakan banyak praktek coding yang digunakan dalam versi sebelumnya dari HTML. Sebagai contoh, ketika memulai sebuah file, Anda sebelumnya harus memulai dokumen sehingga tampak seperti ini:
Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini :
1. Buka Notepad atau Notepad++ anda,
2. Silahkan ketikkan atau Copas saja script di bawah ini :
    <!DOCTYPE HTML>
    <html>
    <head>
    <titile> Belajar HTML5 Dasar </title>
    </head>
    <body>
    Hallo Mari Kita Belajar HTML 5
    </body>
    </html>

Nah yang membedakan antara HTML dengan HTML 5 adalah pada baris pertama  <!DOCTYPE HTML> ini sebenarnya hanya sebagai penanda bahwa versi HTML yang anda gunakan adalah HTML versi 5
HTML5 memang luar biasa, HTML5 disebut sebagai masa depan teknologi website. HTML5  memiliki banyak fitur canggih dibanding dengan HTML terdahulunya.
HTML5 akan bisa  semakin canggih jika digabungkan dengan CSS3 dan Javascript seperti Jquery.
Pada postingan kali ini kami akan menampilkan beberapa website canggih yang dibuat dengan menggunakan HTML5 tersebut.

 JAMES ANDERSON   

 RACE THROUGH YAS - MARINA CIRCUIT

 Sekian Penjelasan dari saya lebih kurangnya saya mohon maaf , khasahamnida readers :) 
 
referensi :






Komentar