Sejarah
Telkomsel didirikan pada tahun 1995
sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia
yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu
pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat
sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai
teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama
meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia.
Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi
jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan
energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS).
Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama
pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT (Information and
Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan
di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT
Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan
telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya
hidup selular, a truly mobile lifestyle.
Tentang
Perusahaan Perseroan (Persero) PT
Telekomunikasi Indonesia, Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau
“Kami”) merupakan Badan Usaha Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi
dan jaringan terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm,
telepon kabel tidak bergerak (fixed wireline) dan telepon nirkabel tidak
bergerak (fixed wireless), layangan telepon seluler, data dan internet,
serta jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak
perusahaan.
Sebagai BUMN, Pemerintah Republik
Indonesia merupakan pemegang saham mayoritas yang menguasai sebagian besar
saham biasa Perusahaan sedangkan sisanya dimiliki oleh publik. Saham Perusahaan
diperdagangkan diBursa Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange
(“NYSE”), London Stock Exchange (“LSE”) dan Tokyo Stock Exchange (tanpa listing).
Untuk menjawab tantangan yang terus
berkembang di industri telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat global,
kami bertekad melakukan transformasi secara fundamental dan menyeluruh di
seluruh lini bisnis yang mencakup transformasi bisnis dan portofolio,
transformasi infrastruktur dan sistem, transformasi organisasi dan sumber daya
manusia serta transformasi budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam
rangka mendukung upaya diversifikasi bisnis TELKOM dari ketergantungan pada
portofolio bisnis Legacyyang terkait dengan telekomunikasi, yakni
layanan telepon tidak bergerak (Fixed), layanan telepon seluler (Mobile),
dan Multimedia (FMM), menjadi portofolio TIME (Telecommunication, Information,
Media and Edutainment). Konsistensi kami dalam berinovasi telah berhasil
memposisikan Perusahaan sebagai salah satu perusahaan yang berdaya saing tinggi
dan unggul dalam bisnis New Wave.
Komitmen kami untuk mendukung
mobilitas dan konektivitas tanpa batas diyakini akan meningkatkan kepercayaan
pelanggan ritel maupun korporasi terhadap kualitas, kecepatan, dan kehandalan
layanan serta produk yang kami tawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas
peningkatan di sisi jumlah pelanggan kami, yakni mencapai 120,5 juta pelanggan
per 31 Desember 2010, atau meningkat sebesar 14,6%. Dari jumlah tersebut,
sebanyak 8,3 juta pelanggan merupakan pelanggan telepon kabel tidak bergerak,
18,2 juta pelanggan telepon nirkabel tidak bergerak, dan 94,0 juta pelanggan
telepon seluler.
Visi, Misi Dan Tujuan
Visi
Menjadi Perusahaan yang unggul dalam
penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (“TIMES”)
di kawasan regional.
Misi
Menyediakan
layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
Menjadi
model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Visi dan Misi ditetapkan berdasarkan
keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada
tanggal 30 Mei 2012.
CorporateCulture
: The NewTelkom Way
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
Basic Belief : Always The Best
Core Values : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors : Imagine, Focus, Action
SERTA INISIATIF STRATEGIS
- Pusat Keunggulan.
- Menyelaraskan struktur bisnis dan pengelolaan portofolio.
- Percepatan implementasi broadband melalui layanan konvergen.
- Pengelolaan portofolio nirkabel.
- Mengintegrasikan solusi ekosistem Telkom Group.
- Berinvestasi di layanan teknologi informasi.
- Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
- Berinvestasi di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
- Memaksimalkan nilai aset di bisnis yang saling terkait.
- Mengintegrasikan Next Generation Network (“NGN”) dan Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management (“OBCE”) untuk mencapai penyempurnaan beban biaya.
Inisiatif strategis ditetapkan
berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk
No.09/KEP/DK/2012 yang ditetapkan pada 30 Mei 2012.
Produk dan Layanan Telkomsel
Produk Telkomsel
Saat ini, Telkomsel mempunyai
beberapa produk, yaitu:
·
kartuHalo
·
simPATI
·
Kartu
As
·
Telkomsel
Flash
·
Kartu
Facebook
Telkomsel Poin
Program TELKOMSELpoin merupakan
program loyalitas pelanggan yang ditujukkan untuk seluruh pelanggan TELKOMSEL.
Program ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pelanggan
TELKOMSEL yang telah setia menggunakan produk dan layanan dari TELKOMSEL.
Pelanggan Telkomsel dapat menukar
poin yang dimiliki dengan berbagai program yang ditawarkan call ke UMB *700#
atau call center 133 untuk postpaid dan 155 untuk prepaid.
Bukan cuma hadiah pilihan yang bisa
dimenangkan, poin juga dapat ditukar dengan hadiah langsung berupa gratis
pulsa, gratis SMS, dan merchandise menarik, atau diskon di ratusan merchant
TELKOMSEL dan dapat diikutsertakan pada program lelang TELKOMSEL POIN. Untuk
pengecekan pemenang via SMS dengan ketik WIN kirim ke 777. SMS ke 777 dikenakan
tarif normal.
HSPA+
Mulai September
2009, Telkomsel menambah
layanan HSPA+ (High-Speed Packet Access) dengan kecepatan akses hingga
21 Mbps yang rencananya akan diterapkan di 24 kota di Indonesia hingga akhir
tahun 2010. Sayangnya, realisasinya belum berjalan maksimal sehingga sebagian
besar penggunanya hanya mendapatkan akses kurang dari 64 Kbps.
GraPARI
GraPARI adalah akronim
dari Graha Pari Sraya yang dijadikan nama pusat layanan pelanggan
Telkomsel. Nama tersebut berasal dari bahasa
Sanskerta yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai tanda
penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Yogyakarta.
Sejak saat itu, seluruh pusat layanan pelanggan Telkomsel ditetapkan dengan
nama GraPARI Telkomsel.
Selain bertindak sebagai pusat
layanan pelanggan yang memfokuskan diri untuk melayani para pelanggannya,
GraPARI juga menyediakan penjualan produk sendiri seperti kartuHALO dan
simPATI.
GraPARI tidak menjual perangkat telepon seluler
kecuali apabila ada kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket
produk Telkomsel yang tidak selalu dilakukan. Bila ada pelanggan yang ingin
membeli perangkat telepon selular terpisah dari produk Telkomsel, maka GraPARI
akan menyarankan untuk mendapatkannya di dealer resmi, toko eksklusif, maupun
ritel yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.
Referensi
Komentar
Posting Komentar